Sebelum melakukan melakukan tune-up mari mengenal terlebih dahulu asal usul motor Rx-King:
RX-King Legenda Raja Jalanan
Siapa
yang ga tahu RX-King. Itu lho motor 2 tak yang terkenal pas tahun 1980-an ama
1990-an sebagai motornya penjambret. Kalau diitung-itung motor ini panjang umur
juga ya di Indonesia. Keluarnya tahun 1983 dan discontinue 2008, wogh berati 25
tahun masa produksi tanpa perubahan body yang berarti waooow… Dan kalau
ditambah RX-K yang masuk Indonesia, berati umur motor ini 29 tahun, soale RX-K
masuk pada 1980. Ngomong-ngomong soal RX-K, motor ini mesinnya hampir sama
dengan RX-King, bedanya RX-King udah YEIS, RX-K belum. Mungkin ente-ente sudah
jarang melihat RX-K ya, wong lihat RX-King aja belum tentu tiap hari kok
hehehe. Ya iyalah, dan lagi banyak RX-K yang dimodif jadi RX-King.
Dan memang kalau mau bercerita sejarah RX-King memang harus ngomongno RX-K sisan, ya gimana lagi, mereka masih saudara kandung kayak Honda Kharisma-Supra X 125, mesinnya hampir sama, cuma beda beberapa komponen
Aslinya RX-K adalah obsesi Yamaha Jepang sono buat membuat motor dengan cc-kecil tapi larinya kayak Harley Davidson. Pada 1970 dikembangkanlah RX-K 135cc, tapi memang RX-K ga berumur lama di Jepang, makanya sekarang sendiri susah cari peninggalan RX-K di Jepang. Btw katanya jaman dulu anggota gangster Yakuza suka naek RX-K lho — ya katanya orang-orang Jepang yang udah tua lho.
Ceritanya berlanjut di Indonesia (ya RB92 aja lahrinya 1992 hehehe) pada tahun 1980, YMKI memasukan motor RX-K 135cc (pasnya sih 132cc), kalau dipelototin saingannya ya Honda GL125 (katanya papa waktu itu belum ganti nama jadi GL Max. Karena RX-K 2 tak 135cc dan GL125 ya 125cc 4 tak, jelas GL125 kalah di aspal, namun mungkin masih menang di penjualan (yang senior dan yang tahu monggo coment). Kalau buat ukuran tahun 1980 power RX-K yang 17,5Hp @ 7500rpm dan bisa digas sampe 150kph itu udah edan sen cin ping. Tapi mungkin awal tahun 1980-an masih jaman kejayaannya sport Honda (dengan GLSeries, CBSeries – CB100 generasi terakhir, dan CG Series), maka mungkin Yamaha RX-K kurang laku, Gak heran umur RX-K ini pendek, mulai masuk 1980 dan selesai produksi tahun 1983 pokoknya sampai RX-King dilaunching.
Dan memang kalau mau bercerita sejarah RX-King memang harus ngomongno RX-K sisan, ya gimana lagi, mereka masih saudara kandung kayak Honda Kharisma-Supra X 125, mesinnya hampir sama, cuma beda beberapa komponen
Aslinya RX-K adalah obsesi Yamaha Jepang sono buat membuat motor dengan cc-kecil tapi larinya kayak Harley Davidson. Pada 1970 dikembangkanlah RX-K 135cc, tapi memang RX-K ga berumur lama di Jepang, makanya sekarang sendiri susah cari peninggalan RX-K di Jepang. Btw katanya jaman dulu anggota gangster Yakuza suka naek RX-K lho — ya katanya orang-orang Jepang yang udah tua lho.
Ceritanya berlanjut di Indonesia (ya RB92 aja lahrinya 1992 hehehe) pada tahun 1980, YMKI memasukan motor RX-K 135cc (pasnya sih 132cc), kalau dipelototin saingannya ya Honda GL125 (katanya papa waktu itu belum ganti nama jadi GL Max. Karena RX-K 2 tak 135cc dan GL125 ya 125cc 4 tak, jelas GL125 kalah di aspal, namun mungkin masih menang di penjualan (yang senior dan yang tahu monggo coment). Kalau buat ukuran tahun 1980 power RX-K yang 17,5Hp @ 7500rpm dan bisa digas sampe 150kph itu udah edan sen cin ping. Tapi mungkin awal tahun 1980-an masih jaman kejayaannya sport Honda (dengan GLSeries, CBSeries – CB100 generasi terakhir, dan CG Series), maka mungkin Yamaha RX-K kurang laku, Gak heran umur RX-K ini pendek, mulai masuk 1980 dan selesai produksi tahun 1983 pokoknya sampai RX-King dilaunching.
Nah aslie, YMKI sudah merencanakan kelahiran
RX-King, soale gini, YMKI pas jaman itu survey. Orang Indonesia itu maunya
sepeda motor yang kayak apa seh? Apa mereka mau matic yang ada AHO-nya, apa
mereka mau sepeda motor roda 3, atau apa mereka mau Yamaha V80 Fuel Injection,
nah ternyata perkiraan saya ini salah semua (ya iyalah lha wong aslie wes
ngaworr kok ). Akhirnya didapat kesimpulan.
Orang Indo mau motor 2 tak yang irit, larinya buanter, tarikannya kayak
dijambak setan, dan bisa nanjak kayak motor 4 tak.
Nah
soal irit, dan bisa nanjak kayak motor 4 tak, itu saya cuma denger rumor dari
para ABG tahun 1980-an dan sekarang tetap menjadi ABG (Anak baru Gocap) dan
beberapa blogger serta beberapa URL yang tak lihat di Chrome saya. Tapi kalau
banter, walaupun belum pernah njajal tapi ane 2 kali diasepin RX-King (hei
RedBike, sadar diri po’o, Supra mu guduk lawane RX-King cak – yo yo hahaha)
Nah seberapa banternya RX-King, ini speknya
Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu/Miring
Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5
Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
Baterai : GM 3-3B/12,3
Busi : BP 8HS-10
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumas : Autolube
Nah seberapa banternya RX-King, ini speknya
Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu/Miring
Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5
Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
Baterai : GM 3-3B/12,3
Busi : BP 8HS-10
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumas : Autolube
Korek tune-up. RX-King atau banyak yang sebut sang raja atau juga raja jalanan atau si jambret, motor ini tak pernah hilang dari jaman. model Rx sangat banyak dan turun temurun. Banyak sekali sebutan untuk sepeda motor legendaris ini. Rx king memang sudah kencang dari bawaan lahir, namun untuk yang belum puas, ini tips untuk membuat motor Rx-king anda lebih gila kalau lagi di jalan raya:
Korek Harian Yamaha RX King Kencang dan Murah
1. Naikan kompresi:
banyak cara untuk naikin kompresi, bisa dengan cara dibubut dll. untuk
standar cukup ganti paking yg di head blok dengan yg lebih tipis atau
bahkan gak pake paking sama sekali cukup pake lem aja biar piston lebih dekat dengan busi
2. pengapian:
copot kabel yang dari kiprok untuk charging accu sehingga arus mengalir
lebih besar lagi ke koil dalam hal ini si accu jadi gak berfungsi.
efeknya lampu cepet putus, akalin pake dioda atau bohlam
dengan watt yang lebih besar. Ganti cop busi atau padud busi pake racing.
3. Carburator:
untuk standar gak perlu di reamer, cukup ganti pilot dan main jetnya
aja. coba aja ganti kedua spuyer tersebut step by step. misal PJ/MJ
standar 22.5/150 naikin 1 step dulu ke 25/155 (biasanya kenaikan ukuran
adalah 2.5) mungkin ini sesuain dengan keinginan anda, kalau sdh merasa puas jangan di rubah lagi.
4. Suplai Udara:
copot busa saringan udara yang ada di batok penutup sebelah kiri. dan cabut karet intake udara yang ada diatasnya yg berbentuk "L" biar masuk angin tidak terhalangi karet tersebut.
5. Gear / Sproket:
ganti gir belakang yang lebih kecil namun jangan terlalu extrim nanti bisa jadi seperti lumba-lumba yang mau loncat terus. misal ganti dengan 15:35, atau
14/35, atau 16/33. jadi sesuaikan aja dengan keinginan dan selera bro agar napas mesin raja jadi lebih panjang.
6. Knalpot:
Ganti kenalpot dengan menggunakan kenalpot racing biar menambah tenaga rx king tersebut. Karna pembuangan angin sangatlah pengaruh buat memperkencang motor tersebut.
7. katup buluh/Membran (Reed valve):
ganti pake katup buluh punya RGR
8. Grip Gas Spontan:
Mungkin ini gak terlalu ngaruh namun dengan pakai grip gas spontan, putaran grip gas makin pendek dan tentu akan lebih spontan dan piston gas lebih cepat naik.
9. Haluskan Lobang In dan Ex:
Alusin Kulit jeruk atau bidang kasar di saluran In dan Ex. tujuannya agar lebih lancar lagi arus masuk
dan buangnya
10. Velg dan Ban:
untuk mengurangi beban tunggangan ganti velg pake tipe alumunium (contoh merek TK) Velg ini
lebih ringan dari yang originalnya. Velg depan ganti ukuran 17" dibalut
ban ukuran 2.50, velg belakang menggunakan ukuran 18" dibalut ban ukuran
2.75, biar gak terlalu ngankat kalo di gas pol, heheheh. Motor anda siap meninggalkan motor-motor yang lainnya sebeb Rx-King disebut sebagai raja jalan.
Sekian dari saya selamat mencoba semoga behasil !!!
Sekian dari saya selamat mencoba semoga behasil !!!
Spool rx itu terpisah, altenator ke cdi beda dengan yang ke aki dan lampu, buka kabel kiprok untuk apa?, pernah buka pengapian nya belum, leacher autis
BalasHapusmungkin ini cuma teori mereka yg d dengar tp blm pernah bongkar dalemnya gimana
Hapusinti a menguranggi beban putaran mesin karena efek magnet tidak melakukan kerja pengisian ke spull lampu
Hapusnumpang nanya gan memran kayak gitu harganya berapa
BalasHapuskalau mau membrane pake vforce 4
Hapuskisaran harga 1,5 jt
sedikit tambahan aja
BalasHapuskalo mau lebih kenceng buat harian pake coil yz 125
membran RG udah jarang kita jumpai. ganti punya RX Z aja lidahnya ganti Daytona. ninja 150 gk bisa ngejar kok
udah aku buktiin
Koil yz 125 sma membran rx z brp duit gan?
HapusGan kl oversis 100 kl mau blk standar tanpa ganti blok bisa gak gan,soalnya kt org bengkl msti boring dan biaya kena 800 gan,jd lntran q sayang krna blok nya yp1 gan.tlng ksh informasih gan
Hapus800 rb tu lah tabali blok yp1 bekas ma bg
HapusGanti gear belakang yg lebih kecil agar bisa loncat2, hehehe... Apa ngak kebalik tuh???. Maux pakai yg lbh bsr supaya bisa loncat. Pengapian lampu dan aki sdh trpisah jd tdk ada saling mmpengaruhi. Ahhh ngaco ini...
BalasHapusWkwkwk
HapusGear belakang dipakaikan makin kecil nyari top speed, kalau pakai gear belakang makin besar baru bisa loncat2 seperti lumba-lumba
HapusHalo Bossku ^^
BalasHapusSegera Daftarkan ID di skb288,com
Menyediakan 7 Permain Hanya Dengan 1 ID
Serta Tersedia Promo Menarik
Bonus Turn Over Terbesar
Bonus Refferal Seumur Hidup
Minimal Deposit Hanya 20Rb
BBM : D8E87241
WA : +62 878 8707 6927
Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^
Aku ra sido komen
BalasHapusmantap loorr. suwon selusine.
BalasHapusintine pingin banter yo ragat .
lak pingin banter tapi gak ragat =numpak o celeng. salam ngguuuuooooookkkkkk
Celeng yg 4tk ada gk ?
BalasHapusKlw pakai knalpot standart apa ada pengaruhnya om
BalasHapusMari bergabung bersama kami sekarang di WDQQ . ONLINE
BalasHapusDisini mudah menang lohh say..
Tersedia 8 Games dalam 1 id
Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja
Ada bonus menarik lain yang menunggu di WDQQ . ONLINE
Contact ;
BBM : D8B8BD43
Line : wedeqq
WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online )
Tunggu apa lagi sayy
Ayoo daftar di WDQQ . ONLINE
ajaran sesat ini namanya.
BalasHapusajaran sesat ini namanya.
BalasHapusMari bergabung bersama kami sekarang di WedeQQ . CC
BalasHapusTersedia 8 Games dalam 1 id
Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja
Ada bonus menarik lain yang menunggu di WedeQQ . CC
Contact :
BBM : D8B8BD43
Line : wedeqq
WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online )
Ayoo daftar di WedeQQ . CC
Membran vforce 4 bureng porting gak usah mentok'' karbu sudco 38 maghnet yz uhh😍
BalasHapusninja kelewatt😋
piston 58 kompresi 8,5:1 jalan suplay di tuner potong 3Mm ke atas membran std karbu cukup apke yang murah aja , tingal kita pinter Costum nya.rumah sepul di geser , mentok 1 senti ,
BalasHapuslu cobain tuh , motor kenceng nya kayak aapan , kalo gk ercaya tes aja bos..
orang indonesia pengennya yang praktis praktis aja , gk hitung rumus and langkah 2 tax serti apa .
Masa sih ninja lewat kang
Hapus